Blogger United Absolutely Bloggerhood [Oleh-oleh Dari Amprokan Blogger 2010]

8 Mar 2010

Salam untuk Anda sekalian,

Adakah persahabatan sejati ? Ada, jawabnya.

Antara Siapa ? Blogger, jawabnya.

Ya, selama ini mungkin ada beberapa kejadian menyakitkan, berkat ternodainya kesucian persahabatan … itu kata mereka yang merasa tersakiti tentunya. Namun benarkah dalam setiap hubungan selalu berakhir sakit dengan perasaan terkhianati ? Tidak, jawabnya.

Dalam setiap hubungan, selama itu dibangun dengan fondasi ketulusan dan tidak ada motif kepentingan, pasti akan langgeng walau terpisah jarak dan waktu. Hubungan akan menjadi indah dan terjaga langgeng tanpa harus menuntut kehadiran fisik dan kedekatan jarak.

Hal ini telah dibuktikan dengan nyata dalam event temu blogger yang digagas dan dirancang dengan apik oleh Be-Blog dalam acara Amprokan Blogger bertajuk Blogger Cerdaskan dan Hijaukan Bekasi pada tanggal 6-7 Maret 2010 kemarin.

Acara dimulai pada hari Sabtu tanggal 6 Maret 2010 pagi di Wisma Haji kota Bekasi. Ratusan blogger dari berbagai kota Depok, Jakarta, Bogor, Bandung, Bekasi, Kuningan, Karesidenan Surakarta [Solo, Surakarta, Karanganyar], Ponorogo, Mojokerto, Pontianak, Cirebon, Jogja, Tangerang, Palembang, Surabaya, Pekanbaru, Karawang, Cikarang, Ngawi, Kubu Raya, Pasuruan, Banyumas, Brebes, Kudus, Purwokerto, Balikpapan, Magelang, Gresik, Malang, Madiun, Ponorogo, Bangkalan, Makassar, Aceh, Ngawi, Riau, Wonosobo, Padang, mulai berdatangan saling sapa dan berbagi cerita sebelum memulai acara di hari pertama.

Setelah semua blogger melakukan registrasi ulang dan menerima goody bag dari panitia, satu persatu mulai menaiki bus sesuai dengan pembagian bus yang telah ditetapkan panitia.

Dengan pengawalan polisi, iring-iringan lima bus bergerak meninggalkan Wisma Haji kota Bekasi yang juga menjadi tempat menginap bagi para blogger peserta, menuju Tugu Bina Bangsa, yang merupakan maskot kota Bekasi, menggambarkan semangat perlawanan para pahlawan mengusir penjajah.

Dari Tugu Bina Bangsa, rombongan blogger bergerak menuju Sentra Usaha Kecil Menengah [UKM] boneka HIKPID. Para blogger disambut oleh warga dan pelaku UKM dipimpin Bapak Wakil Walikota Bekasi H Rahmat Effendi, SSos, MSi. Para blogger dengan senang hati menerima souvenir bantal cinta.

Perjalanan dilanjutkan ke TPA Sumur Batu Bekasi. Di sana para blogger diberikan pengetahuan tentang manfaat pengolahan sampah menjadi pupuk dan pembangkit tenaga listrik melalui pengolahan gas metana.

Perjalanan dilanjutkan ke Kota Jababeka di Cikarang. Para blogger dapat menikmati keindahan dan kelengkapan serta keasrian Kota Jababeka. Para blogger disambut hangat di President University, dan mendapatkan penjelasan detail dari Bp. Suresh Kumar [President Director PU] tentang visi misi pembangunan dan pelaksanaan kegiatan akademik di PU. PU didirikan untuk mendukung program pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mendidik para siswanya menjadi para ahli yang siap pakai melalui pendidikan intelektualitas dan mental kepemimpinan. PU menerapkan sistem biaya pendidikan tetap untuk masa 2.5 tahun lulus, yaitu semua biaya dibayar di muka dan para siswa dibebaskan segala macam biaya pendidikan lagi selama masa belajar mereka, berapa kali pun mereka mengulang mata kuliah karena kurang nilai. Para siswa diwajibkan tinggal di dormitory pada masa setahun pertama. Di dormitory para siswa memperoleh pendidikan sosial dan kepemimpinan dengan program lomba antar blok, yang dimaksudkan untuk menilai seberapa mampu seorang siswa yang ditunjuk sebagai ketua camp [RT] dormitory dalam mengatur di masyarakat kecilnya. PU menugaskan dua ketua asrama, yang dipilih dari latar belakang militer.

PU juga berprinsip tidak ingin meluluskan pengangguran dengan cara menerima siswa hanya sesuai dengan permintaan perusahaan di lingkungan Jababeka. Para siswa wajib program ekstensif / permagangan selama 1 tahun. Setelah itu menyusun skripsi. Dan otomatis siswa setelah wisuda akan langsung mendapatkan penempatan di perusahaan magangnya.

[Ssssst, ini bisa jadi inspirasi untuk lomba blog UII yang bertema Kampus Idaman :) ]

Para blogger juga cukup memperoleh ilmu berkat pemaparan tentang alasan pembangunan dan tujuan jangka panjang, serta kelengkapan fasilitas kota Jababeka oleh GM Residential Commercial Kota Jababeka, Bp. I Made Surya Darma.

Kegiatan anjangsana di Kota Jababeka ditutup dengan city tour dan aksi penamaman pohon di Botanical Garden, yang dipimpin oleh Bp Eka Budianta. Para blogger banyak belajar tentang pohon di mini kebun raya ini. Dan juga bahwa rumah Tuhan ternyata ada di pohon, itulah mengapa alasan kita selalu memanjatkan doa :), cara indah Pak Eka untuk menanamkan rasa cinta kepada pohon.

Dengan pemotongan tumpeng perayaan ulang tahun ke-3 Botanical Garden dan pelepasan balon ke udara, para peserta beria-ria meninggalkan Kota Jababeka.

Di sini kebahagiaan blogger semakin lengkap, berkat masih dengan pengawalan ditambah lambaian tangan warga yang terusik kepenasarannya akibat bunyi sirene motor polisi, kelima bus yang mengangkut para blogger kembali ke kota Bekasi menuju kediaman dinas Bapak Walikota Bekasi untuk acara sarasehan. Para blogger benar-benar sangat diistimewakan, dengan pengawalan polisi tiada putus menembus tol yang dalam keadaan macet menjadi lancar dan punya hak didahulukan … [semoga para blogger menjadi tetap rendah hati ya hehehe].

Sambil menunggu acara sarasehan dimulai, para blogger ditantang membuat liputan kegiatan hari pertama Amprokan Blogger dalam perlombaan live blogging bertema Aku Cinta Bekasi berhadiah total Rp. 22,5 untuk tiga blogger pemenang.

Tepat pukul 19.30 wib acara sarasehan dimulai dengan meriah di halaman rumah dinas walikota Bekasi, Bp. Mochtar Mohamad.

Acara dibuka dengan sambutan dari Mas Aris, ketua panitia Amprokan Blogger, dilanjutkan oleh Mas Enda Bapak Blogger Indonesia.

Dalam sambutannya, Pak Mochtar memaparkan tentang kota Bekasi dan kemajuannya. Beliau juga menjelaskan bahwa hanya melalui sampah saja Pendapatan Aseli Daerah [PAD] Bekasi mencapai Rp 30.4 M per tahunnya. Melalui sampah di TPA Bantar Gebang, kota Bekasi berhasil memproduksi 2MW listrik yang menerangi 100 KK, dari target 30MW. Selain listrik, kata Pak Mochtar, Pemkot Bekasi juga mengelola sampah menjadi pupuk dengan hasil produksi rata-rata 200 ton per hari. Untuk menggenjot produksi pupuk. Pemkot Bekasi juga membuat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) khusus memproduksi pupuk. BUMD itu ditargetkan memproduksi 50 ton per hari.

Masih kata beliau, ada kabar bagus bagi pecinta sepakbola di Bekasi, bahwa dalam bulan Maret ini akan dilakukan peletakan batu pertama pembangunan stadion berstandar internasional di Bekasi untuk mendukung kesebelasan Bekasi yang telah masuk ke divisi A.

Setelah dipuaskan dengan jamuan yang menggugah selera, para blogger kembali dimanjakan dengan penampilan band dari para pemenang lomba band siswa dari acara perayaan ulang tahun ke-13 kota Bekasi. Juga aksi panggung Delilah, band yang keseluruhan personilnya puteri.

Puncak kehebohan para blogger, ketika Bang Jelly Tobing tampil prima besama band-nya. Juga ketika Pak Walikota dengan apiknya menyenandungkan tembang Akhirnya Kumenemukanmu-nya Naff. Hal ini menimbulkan celetukan dari kawan blogger dari TPC : Hebat, walikota biasanya nyanyi Widuri, Pak Mochtar nyanyi Naff .. bener-bener gaul. :)

Selepas penampilan memukau Pak Walikota, blogger makin dimanjakan dengan kehadiran Iyeth Bustami, yang selain menampilkan lagu Laksmana Raja di Laut, para blogger dikejutkan dengan dahsyatnya ia menyanyikan lagu New York New York yang njazzy sekali.

Hari semakin larut, acara di kediaman Pak Mochtar disambung oleh kehadiran Mbak Riesa Amrikasari yang ngetop sebagai Roseheart writers, dan Mbak Jane Shalimar. Dalam acara talk show yang dipandu Mas Eshape itu, banyak ilmu kepenulisan dari Mbak Riesa, terpenting adalah terbuka lebar pintu bagi para blogger untuk masuk dapur redaksi buku. Ilmu penting adalah masalah kaidah bahasa saja, dalam waktu ini masih banyak penulis yang belum memahami tentang cara penulisan kata depan.

Acara hari pertama dipungkasi dengan tantangan Pak Mochtar kepada para blogger untuk membuat tulisan di blog para blogger bertema kesan Amprokan Blogger, hingga Pak Mochtar punya alasan untuk menggelar acara temu blogger sebagai agenda tahunan kota Bekasi, melalui tulisan blogger tentang Amprokan Blogger. Blog terbaik akan dihadiahi tiket pesawat gratis untuk kembali ke kota blogger. Bila yang menang dari Bekasi, hadiahnya menginap gratis di Hotel Horizon Bekasi.

Para blogger menghabiskan malam pertamanya di wisma haji Bekasi dengan ngobrol begadang, dan sebagian lagi langsung mengejawantahkan tantangan Pak Walikota, lek-lekan sibuk merangkai kata mengharap peruntungan hehhehe.

Hari kedua Amprokan Blogger, dengan mata masih merah dan sipit berkat ngantuk dan kelelahan. Tak mampu memupuskan semangat para blogger untuk bersiap-siap menuju Aula Pusdiklat Mahkamah Konstitusi, mengikuti agenda hari kedua Seminar Interaktif bertopik Konsep Cybercity, Peran Komunitas Blogger dan e-Government.

Seminar yang bertabur ilmu dan doorprize itu dipandu oleh Mas Budi Putra, Mas Romi Satrio Wahono yang ternyata adik kelas saya di SD Sompok Semarang [berani-beraninya dia melangkahi sukses kakak kelasnya :) ], dan pak Nukman Lutfie yang praktisi jejaring sosial itu.

Dalam amprokan blogger ini dilengkapi dengan aksi sosial para blogger untuk berpartisipasi dalam Sejuta Buku Untuk Anak Indonesia [SEBUAI], dengan menyumbangkan buku anak-anak yang masih layak baca.

Demikianlah segala kebahagiaan dan kebersamaan indah dua hari di Amprokan Blogger yang sukses berat itu.

Sampai kita bertemu kembali sahabat blogger-ku, sampai kita mengunduh manfaat lebih banyak lagi melalui blogging sehat sebagaimana telah diajarkan oleh Mas Budi, Mas Romi dan Pak Nukman.

Salam gemilang

Benedikt Agung Widyatmoko


TAGS


-

Author

Search

Recent Post